Jumat, 25 November 2011

Dampak Buruk Globalisasi Bagi Indonesia




            Era globalisasi memberikan dampak buruk bagi Indonesia khususnya dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Dalam kasus ini Indonesia tidak terlepas dari pengaruh bangsa luar yang membawa masalah politik untuk mempengaruhi kebijakan dan ketahanan Indonesia.
            Dengan pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi, bahwa kapitalisme pasar bebas yang bersaing manis dengan istilah ekonomi neoliberal memperlakukan tenaga kerja, uang, tanah, dan sumber alam sebagai faktor produksi semata atau komoditas yang diperjual belikan. Apalagi Indonesia yang merupakan negara berkembang serta tidak mempunyai fasilitas canggih namun hanya memiliki suber daya manusia yang banyak dan sumber daya alam yang melimpah tetapi dimanfaatkan oleh pihak-pihak asing dengan diiming-imingi investasi dan perkembangan ekonomi semu.
            Rasa nasionalisme pun semakin berkurang seperti pengaruh gaya modernisasi yang lebih cendrung ke arah westernisasi, khususnya pemuda Indonesia lebih bergaul bebas tanpa adanya batasan-batasan norma dalam bergaul serta terjadinya banyak konflik dan kesenjangan antara masyarakat kota, daerah maupun pedalaman.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar