Sabtu, 19 November 2011

Pengelompokan TI


PENGELOMPOKAN TEKNOLOGI INFORMASI

1.      Teknologi perangkat lunak (software)
Perangkat lunak antara lain meliputi sistem operasi, web browser, e-mail client (mail user agent), dan instant messaging client.
a.       Sistem operasi
·         Linux adalah sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice.
·         Microsoft Windows yang biasa dikenal dengan sebutan keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.
·         Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating Sistem. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple komputer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM.
·         Sistem operasi gratis diantaranya Ubuntu Linux, OpenSuSE, dan Mandriva.
b.      Web Browser
·         adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal dengan World Wide Web. Contoh web browser antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Safari.
c.       E-mail Client
·         Berfungsi untuk mengelola e-mail. Contoh e-mail client antara lain Microsoft Outlook Express, Microsoft Office Outlook, dan Mozilla Thunderbird.

d.      Instant Messaging Client
·         Sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks. Contoh instant messaging client adalah ICQ, Yahoo!Messenger, iChat, dan Pidgin.
2.      Teknologi Masukan (input)
a)      Keyboard biasa disebut sebagai papan ketik sarana untuk memasukan perintah ke layar komputer yaitu data teks. Susunan keyboard seperti mesin ketik manual, umumnya tombol keyboard berjumlah 104 tombol.
b)      Mouse adalah perangkat keras yang biasa digunakan untuk mengarahkan suatu perintah pengguna untuk mempengaruhi cursor atau pointer layar komputer. Saat ini mouse telah mucul tanpa mengunakan kabel yang menggunakan teknologi inframerah.
c)      Scanner merupakan piranti input yang dikhususkan untuk memasukan gambar kelayar komputer.
d)     Optical Drive merupakan alat input yang digunakan untuk membaca cd atau dvd, alat pembacanya menggunakan sinar laser.
e)      Touchpad uni masukan ini biasannya dapat ditemukan pada laptop dan notebook. Unit ini dijalankan dengan menggunakn sentuhan jari, biasanya unit ini digunakan sebagai pengganti mouse.Selain touchpad, terdapat juga model unit masukan yang sejenis, yaitu pointing stick dan trackball.
f)       Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor).
g)      Joystick dan games paddle alat ini digunakan pada permainan komputer. Joystick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
h)      Barcode, fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
i)        Kamera digital, perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer  mampu menerima masukan dari kamera digital dengan kualitas gambar yang lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar dengan scanner.
j)        Microfon dan  Headphone, mikrofon berfungsi untuk merekan suara yang akan disimpan dalam memori komputer dan headphone berfungsi untuk mendengarkan suara.
k)      Graphics pads merupakan masukan untuk menggambar objek pada monitor dengan teknologi Computer Aided Design (CAD). Grapichs pads yang digunakan terdapat dua jenis, yaitu menggunakan jarum (stylus) dan menggunakan bantalan yang sensitif terhadap sentuhan (touch sensitive pad).
3.      Teknologi Keluaran (output)
Peralatan output adalah alat yang diperoleh dari hasil pemrosesan yang dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (angka, simbol, huruf), grafis maupun gambar, suara dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin.
·         Monitor atau layar merupakan piranti keluaran yang digunakan untuk menampilkan data yaitu teks maupun gambar. Monitor terbagi menjadi dua, yaitu monochrome display adalah monitor yang menampilkan warna tunggal saja seperti hitam dan putih atau hijau phospor dan orange, colour display menggunakan sinar elektron yang terpisah yaitu merah, biru dan hijau yang biasa disebut RGB.
·         Printer adalat alat yang berfungsi mengeluarkan hasil proses komputer berupa tulisan, gambar, dan grafis secara langsung yang umumnya menggunakan media kertas. Printer terdiri dari tiga jenis, yaitu Dot matrix, Ink  jet dan Laser jet.
·         Speaker merupakan piranti multimedia yang berfungsi menghasilkan suara. Sistem pada komputer adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpan dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu menggembalikan ke bentuk aktual yang dapat kita dengar.
·         Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.






4.      Teknologi Penyimpanan
Media penyimpanan atau storage media merupakan piranti yang digunakan untuk menyimpan semua file dalam sistem komputer.
·         Hard disk merupakan piranti komputer yang berkerja sebagai penyimpanan data. Berdasarkan perkembangan hard disk dimasyarakat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
a. hard disk parallel ATA (PATA)
b. hard disk serial ATA (SATA)
c. hard disk SCSI
·         Disket (floppy disk) adalah media penyimpanan yang paling umum digunakan sebelum ada hard disk.
·         CD (Compact Disc) merupakan alat penyimpanan yang mampu menyimpan data sebanyak 650 s.d 700 MB. CD terdapat dua jenis, yaitu: CD-R (Compact Disc Recordable) mempunyai sifat hanya dibaca saja. CD-RW (Compact Disc Re-Writeable), CD-RW mempunyai sifat dapat dibaca, dihapus, dan diisi kembali secara berulang-ulang.
·         Flash disk, alat ini mempunyai bentuk yang kecil, tetapi mempunyai kapasitas yang besar, dan alat ini memerlukan piranti yang disebut dengan USB (Universal Serial Bus). Tujuan penggunaan flash disk adalah memudahkan dalam memindahkan data antarkomputer dengan kapasitas yang besar.
·         Zip drive mempunyai ruang untuk menyimpan data sebanyak 100 MB. Drive ini mempunyai ukuran portable yang mudah dibawa kemana-mana, mudah mentransfer data antarmesin yang berbeda-beda, serta dapat menggunakan komputer.
·         Digital audio tape / pita magnetik untuk menyalin data yang ukurannya 3 GB dari hard disk.
·         Digital Versatile Disc (DVD) adalah media menyimpan yang mempunyai ukuran dan bentuk seperti CD.
·         Recordable DVD mampu merekam data atau menghapus data tergantung dari fomat DVD yang digunakan.

5.      Teknologi Komunikasi
Adalah alat untuk menyampaikan sebuah informasi baik berupa teks tulisan maupun gambar. Pada komputer alat komunikasi, yaitu Radio, Wi-Fi, Bluetooth, dan infrared.
·         Radio adalah piranti untuk mendengarkan data lagu-lagu yang akan didengarkan melalui speaker pada komputer.
·         Wi-Fi atau Wireless Fidelity sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal nirkabel.
·         Bluetooth adalah perangkat yang digunakan untuk mengirim data ke komputer tanpa menggunakan kabel.
·         Infrared merupakan perangkat luar yang mempunyai fungsi sama dengan bluetooth, yaitu suatu alat untuk mengirim informasi. Kekurangan bluetooth dan infrared adalah kemampuan data transfer yang rendah dan jangkauannya terbatas.
6.      Teknologi Mesin Pemroses
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (proses device). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Secara garis besar unit pemrosesan di dalam CPU terdiri dari:
Ø  ALU (Arithmetic Logical Unit)
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatau proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. Tugas utama ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
Ø  CU (Control Unit)
Fungsi unit ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan.
            Fungsi peralatan yang terdapat adalam CPU ada tiga macam, yaitu:
a. Peralatan proses (process device)
peralatan proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan pemroses adalah:
Ø  Prosesor
Merupakan otak dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengolah data dan biasa disebut CPU (Central Processing Unit).
Ø  Register
Merupakan jenis memori yang terdapat pada prosesor dan sebagai memori internal prosesor.
Ø  Cache memori
Merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
Ø  ROM (Read Only Memory)
Memori dalam CPU berfungsi membantu proses kerja komputer dan mempunyai sifat permanen atau tetap. ROM mulai berfungsi saat menghidupkan komputer, sebagai perintah ROM dipindahkan ke dalam RAM (Random Access Memory) berupa instruksi atau syntax.
Ø  RAM (Random Access Memory)
Merupakan memori yang dapat dibaca, diisi dan diubah menurut kebutuhan (volatile). RAM mempunyai sifat sementara, maksudnya jika terjadi listrik padam maka data pada RAM akan hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar