Jumat, 25 November 2011

Resume Landasan Pendidikan A. Proses pembelajaran Proses pembelajaran Landasan Pendidikan yang dilakukan pada Senin, 3 Oktober 2011 berupa: • Penyampaian materi • Diskusi kelompok • Pembahasan dari hasil diskusi B. Hasil resume pembelajaran Bagian-bagian yang terlibat dalam pendidikan: • Kepala sekolah dan Guru. • Pemerintah. • Orang Tua. • Masyarakat. Dari pihak-pihak di atas memiliki kepentingan dan harapan terhaap pendidikan, maka tiap-tiap kelompok mendiskusikan hal tersebut. Ada pun hasil dari diskusi kelompok sebagai berikut: • Mengapa Kepala sekolah dan Guru memiliki kepentingan pendidikan? • Karena sekolah menjadikan pendidikan sebagai mediakator. • Sebagai pembentuk masa depan bangsa. • Berperan untuk memproses pendidikan, menarik minat peserta didik dan bertanggungjawab terhadap peserta didik. • Apa harapan mereka terhadap pendidikan? • Sebagai penerus pembangun bangsa. • Menjadi peserta didik yang intelektual, berwawasan luas, dan dapat bersaing secara global. • Secara Sosial : mendidik anak agar aktif dan dapat menyesuaikan diri. • Secara Agama: dapat menyelaraskan kewajiban dunia dan akhirat dengan baik dan memiliki akhlak yang mulia. • Kenapa pemerintah memiliki kepentingan pendidikan? Karena pendidikan dijalankan secara yuridis, maka pemerintah wajib untuk mengatur pendidikan agar bisa mencerdaskan kehidupan bangsa. • Apa harapan pemerintah terhadap pendidikan? Menyelaraskan pendidikan nasional ditaraf internasional Meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, pemerintah berkepentingan dalam pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta bangsa yang bermanfaat • Kenapa Orangtua memiliki kepentingan pendidikan? Orangtua faktor pendukung utama sebagai fasilitator, motivator dan mendidik kepribadian serta keterampilan anak. Orangtua bertanggung jawab terhadap masa depan anak. Orangtua butuh tenaga kerja pendidikan dalam lembaga pendidikan. • Apa harapan orangtua terhadap pendidikan? Lembaga pendidikan mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki intelektualitas terbaik dan bermoral. Dunia pendidikan mampu meningkatkan anak bangsa yang berprestasi dan mampu bersaing. • Kenapa masyarakat memiliki kepentingan pendidikan? • Organisasi masyarakat Karena organisasi masyarakat berperan sebagai pengontrol atau pengawas kinerja pemerintah. Diorganisasi masyarakat terdapat pengorganisasian, sehingga diperlukan untuk membuat masyarakat yang berkualitas,keratif dan inovatif. • Lembaga-lembaga Sedangkan pendidikn dimasyarakat ialah untuk meningkatkan kinerja yang baik serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki etika, sikap, tngkah laku dan pola piker yang baik pula serta memiliki daya saing yang tingi serta jiwa yang kompotitif. • Apa harapaan massyarakat terhadap pendidikan? • Organisasi masyarakat. Diharapkan memiliki moral yang jujur, menjadi organisasi yang maju serta orang-orang yang ada di organisasi masyarakat baik dan jujur agar tidak terjadi penyelewengan. Untuk organisasi masyarakat islam diharapkan lebih mengetahui mengenai agama dan moral yang baik. • Lembaga-lembaga Diharapkan terhadap pendidikan lebih bagusserta sesuai dengan zaman serta diharapkan dengan pendidikan lembaga tersebutdapat berkembang secara global Mencetak pekerja-pekerja yang kopeten di bidangnya (the right man on the right place) atau menghasilkan tenaga kerja yang trampil. Member inovasi baru terhadap produk yang lebih berkualitas terhadap perusahaan C. Kesan pembelajaran Pembelajaran kali ini berlangsung kondusif dengan adanya diskusi kelompok setiap mahasiswa memberikan pendapat serta tanggapan mereka terhadap materi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar