Jumat, 25 November 2011

KOTA DEPOK




                       
            Kota Belimbing adalah sebutan bagi kota Depok. Kota ini merupakan pemberian orang Belanda, dulu Depok merupakan Kota Madya bagian dari Kabupaten Bogor, tetapi kini Depok menjadi kota mandiri bagian dari Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat. Dr. H. Nur Mahmudi Ismail, Msc merupakan walikota Depok yang menjabat dua kali periode dan sekarang didamping oleh Drs. KH. Abdul Somad sebagai wakilnya yang sebelumnya adalah Drs. Yuyun.
            Depok mempunyai sebelas kecamatan diantarannya, Pancoranmas, Beji, Sukmajaya, Cimanggis, Limo, Cilodong, Sawangan, Bojongsari, Cinere, Cipayung, dan Tapos. Dan dibagi dalam lima daerah yaitu, Depok Lama atau Depok I, Depok Baru, Depok II, Depok Timur, dan Depok Timur Dalam.
            Budaya di Depok hampir sama dengan budaya Betawi, walaupun Depok berada di Jawa barat namun masyarakatnya cendrung berbahasa betawi daripada berbahasa sunda. Sekarang hampir 50% masyarakat Depok merupakan orang-orang perantau.
            Walaupun Depok belum menjadi kota maju namun perkembangan ekonomi, sosial, dan juga pendidikan di Depok sangat pesat dengan dibuktikannya pembangunan tempat tinggal (Real Estate), gedung-gedung perkantoran, sekolah negeri maupun swasta bertaraf internasional, dan tumbuhnya pasar-pasar modern. Terdapat tujuh buah Mall sebagai tempat hiburan diantaranya Depok Town Square, Depok Town Center, ITC Depok, D’Mall, Plaza Depok, Margo City Depok yang merupakan Mall sebagai tempat berkumpulnya remaja Depok, dan Saladin Square merupakan Mall di Depok yang berbasis syariah tetapi kini masih dalam tahap pembangunan. Tidak hanya Mall saja sebagai tempat hiburan, Depok mempunyai bangunan ibadah yang terkenal yaitu Masjid Dian Al-Mahri biasa disebut dengan Masjid Kubah Emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar